Melalui Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika, Koramil Kalitidu Bojonegoro bentuk Generasi Muda Berkarakter Tangguh

 *Melalui Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika, Koramil Kalitidu Bojonegoro bentuk Generasi Muda Berkarakter Tangguh*




BOJONEGORO, - Komando Distrik Militer (Kodim) 0813 Bojonegoro, terus bergerak melaksanakan pembinaan karakter terhadap generasi-generasi muda penerus bangsa. Seperti halnya Koramil 0813-17/Kalitidu, pembinaan kader-kader bangsa ini dilakukan melalui Gerakan Pramuka Saka Wira Kartika, Senin (6/5/2024).


Kegiatan yang berlangsung di Markas Koramil 17/Kalitidu Kodim 0813 Bojonegoro tersebut diikuti puluhan putra dan putri anggota Saka Wira Kartika yang berasal dari Gerakan Pramuka diwilayah binaan. Dalam pelaksanaanya, para peserta ini menerima pembekalan materi yang diantaranya pembentukan karakter dan kedisiplinan, pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang).


"Selain itu, adik-adik Pramuka ini juga dibekali materi Krida yang ada pada Saka Wira Kartika yakni Krida Navigasi Darat (Navrat), Krida Survival, Krida Mountainering, Krida Pioneering dan Krida Penanggulangan Bencana Alam atau PBA," ungkap Sertu Slamet Agus Riyadi, selaku Pamong Saka Wira Kartika Pangkalan Koramil 0813-17/Kalitidu.


Terpisah, Bati Tuud Koramil 0813-17/Kalitidu Pelda Sugihartono, menyampaikan bahwa Gerakan Pramuka Saka Wira Kartika merupakan wadah bagi generasi muda bangsa dalam membentuk dan mencetak kader-kader bela negara yang berwawasan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.


Saka Wira Kartika, merupakan Gerakan Pramuka dibawah binaan TNI Angkatan Darat bertujuan menciptakan kader-kader bangsa melalui pemberian pendidikan matra darat bagi Gerakan Pramuka melalui aksi nyata, produktif dan bermanfaat. Selain itu, Gerakan Kepramukaan ini juga merupakan salah satu wahana pendidikan non formal yang memiliki peran strategis dalam pembentukan karakter genarasi muda bangsa.


"Karena didalamnya banyak menanamkan untuk Ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, mengajarkan kerelaan untuk berkorban dan tolong menolong antar sesama. Harapanya, adik-adik Pramuka ini tetap eksis dan solid dalam mendarmabaktikan karya, serta sumbangsihnya demi pembangunan bangsa dan kejayaan NKRI," kata Pelda Sugihartono saat dikonfirmasi.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama