Pemko Upgrade Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi untuk Hadirkan Pelayanan Kelas Dunia

 Pemko Upgrade Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi untuk Hadirkan Pelayanan Kelas Dunia



Batam- tintahukum.com | Pemerintah Kota (Pemko) Batam terus berbenah. Kali ini menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) Pemko Batam.


Kegiatan yang dibuka Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin, di Aula Engku Hamidah, Lantai IV, Kantor Wali Kota Batam, Batamcentre, Rabu (7/6/2023), disejalankan dengan Sosialisasi Road Map Reformasi Birokrasi 2020-2024.


Hal ini berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Nomor 3, Tahun 2023, di Lingkungan Pemko Batam.


"Selamat datang di Kota Batam kepada Bapak Agusdin Muttakin dan Bapak Wahyu Kusumaningtyas, selaku Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Aparatur dan Pengawasan," sambutnya kepada dua narasumber, mewakili Wali Kota Batam H Muhammad Rudi (HMR).


Melalui sosialisasi ini, Jefridin mengharapkan narasumber dapat memberikan masukan dalam menerapkan dan meningkatkan pemahaman SAKIP dalam Penajaman Perubahan Road Map Reformasi Birokrasi di Kota Batam.


"Reformasi Birokrasi sendiri kita lakukan sebagai upaya untuk pembaharuan dan perubahan sistem penyelenggaraan pemerintahan, agar berhasil dalam mengemban tugas pemerintahan dan pembangunan yang berkelas dunia," katanya.


Selain proses pelayanan yang menunjukkan aparat pemerintah berstandar internasional, Jefridin menekankan bahwa Reformasi Birokrasi tematik juga perlu didorong guna memperkuat peran birokrasi dalam mendukung agenda prioritas nasional. 


Misalnya mulai dari penanggulagan kemiskinan, kemudahan investasi, digitalisasi, Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN), hingga stunting.  


"Allhamdulilah angka stunting di Batam menurun signifikan, pada tahun 2021 lalu pada angka 5,8 persen turun drastis menjadi 2,5 persen pada tahun 2022, dan akan ditekan hingga zero stunting. Begitu pula dengan Pemaksimalan Penggunaan Produk Dalam Negeri," ujarnya. 


Selanjutnya Jefridin berharap pada para peserta Bimtek Tim Reformasi Birokrasi dan Tim SAKIP dari Lingkungan Pemerintah Kota Batam, untuk dapat menjadi motor penggerak pelaksanaan reformasi birokrasi dan SAKIP. 


"Semoga dapat mengemban tugas dengan sebaik- baiknya, saling bersinergi dan menjalin koordinasi dengan baik. Peran para peserta Bimtek kali ini menentukan keberhasilan implementasi reformasi birokrasi dan SAKIP, yang tugas dan fungsinya membantu Wali Kota Batam dalam mewujudkan cita- cita reformasi birokrasi," tutup Jefridin. (Nursalim Turatea)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama